Mata Pelajaran : Aksara Arab Melayu
Mts :
Kelas/Semester : I-1 dan I-2/2 (Genap)
Materi Pembelajaran : Membuat karangan dalam Aksara
Arab Melayu
Waktu : 2 X 40 menit → 2 kali pertemuan
A. Standar
Kompetensi
Mengenal
dan mengetahui cara membuat karangan dalam aksara arab melayu
B. Kompetensi
Dasar
1.1 Menjelaskan
cara membuat karangan dalam aksara arab melayu
1.2 Menjelaskan
cara membuat kosa kata untuk karangan
C. Indikator
Pencapaian Hasil Belajar
1.1 Siswa
mampu membuat karangan dalam aksara arab melayu
1.2 Siwa
mampu menyalin karangan dalam aksara arab melayu
1.3 Siswa
mampu membuat kosa kata dalam membuat karangan
D. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat:
- Membuat karangan dalam aksara arab melayu dengan baik dan benar
- Membaca dengan intonasi yang sesuai
- Meyimak bacaan siswa yang lain
E. Metode Pembelajaran
-. Menulis
-. Membaca
-. Menyimak
-. Menyimak
F. Langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
NO
|
KEGIATAN
|
ALOKASI
|
1.
|
A.
Pendahuluan
a. Guru
memberi salam
b. Guru
mengabsen siswa dan mengkondisikan kelas siap belajar
c. Guru
memberi motivasi
|
10 menit
|
2.
|
Kegiatan
Inti
|
25 menit
|
3.
|
Penutup
-
Guru memberi kesimpulan tentang
cara membuat karangan
-
Guru menutup pelajaran denga
ucapan salam
|
5 menit
|
Pertemuan
kedua
NO
|
KEGIATAN
|
ALOKASI
|
1.
|
Pendahuluan
a. Guru
memberi salam
b. Guru
mengabsen siswa dan mengkondisikan kelas siap belajar
c. Guru
memberi motivasi
|
5 menit
|
2.
|
Kegiatan
inti
|
30 menit
|
3.
|
Penutup
|
5 menit
|
G. Sumber dan Media Belajar
1.
Pelajaran Aksara
Arab Melayu Indonesia Kelas I SLTP, Drs. Mukhtar HS, Drs. Kasman, Drs. Wahid
Nazri, penerbit Angkasa wira Usaha1994
2.
Pelajaran
Membaca-Menulis Aksara Arab dalam Bahasa Indonesia, Drs. Daud Pasaribu, dkk
Penerbit Budi Utomo Medan .
I.
Penilaian
A. Teknik : Lisan dan Tulisan
B. Bentuk : Tes Membaca dan Menulis
A. Teknik : Lisan dan Tulisan
B. Bentuk : Tes Membaca dan Menulis
Medan,
Guru
(........................................)
Mengetahui
Kepala
Madrasah
(.....................................................................)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar