Rabu, 20 Juni 2012

RPP Aksara Arab Melayu




Mata Pelajaran                        : Aksara Arab Melayu
Mts                                         
Kelas/Semester                       : I-1 dan I-2/2 (Genap)
Materi Pembelajaran               : Membuat karangan dalam Aksara Arab Melayu
Waktu                                     : 2 X 40 menit  → 2 kali pertemuan
                                                 
A.    Standar Kompetensi
Mengenal dan mengetahui cara membuat karangan dalam aksara arab melayu
B.     Kompetensi Dasar
1.1  Menjelaskan cara membuat karangan dalam aksara arab melayu
1.2  Menjelaskan cara membuat kosa kata untuk karangan
C.     Indikator Pencapaian Hasil Belajar
1.1  Siswa mampu membuat karangan dalam aksara arab melayu
1.2  Siwa mampu menyalin karangan dalam aksara arab melayu
1.3  Siswa mampu membuat kosa kata dalam membuat karangan

D.    Tujuan Pembelajaran
 
Siswa dapat:
- Membuat karangan dalam aksara arab melayu dengan baik dan benar
- Membaca dengan intonasi yang sesuai
- Meyimak bacaan siswa yang lain

E.    Metode Pembelajaran

-. Menulis
-. Membaca
-. Menyimak
 

F.    Langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama

NO
KEGIATAN
ALOKASI

1.
A. Pendahuluan
a. Guru memberi salam
b. Guru mengabsen siswa dan mengkondisikan kelas siap belajar
c. Guru memberi motivasi


10 menit
2.
Kegiatan Inti
  1. Guru memberi gambaran umum tentang cara mengarang dalam aksara arab melayu
  2. Guru memberi alternatif judul yang hendak dibuat karangan
  3. Guru memberi kesempatan bertanya tentang judul karangan yang akan dibuat

25 menit
3.
Penutup
-          Guru memberi kesimpulan tentang cara membuat karangan
-          Guru menutup pelajaran denga ucapan salam

5 menit














Pertemuan kedua

NO
KEGIATAN
ALOKASI

1.
Pendahuluan
a. Guru memberi salam
b. Guru mengabsen siswa dan mengkondisikan kelas siap belajar
c. Guru memberi motivasi


5 menit
2.
Kegiatan inti
  1. Guru mengulang kembali cara membuat karangan yang benar
  2. Guru memberi tugas kepada siswa untuk membuat karangan dalam aksara arab melayu
  3. Guru memberi kesempatan bertanya kepada siswa di sela-sela mengerjakan tugas

30 menit
3.
Penutup
  1. Guru mengumpulkan tugas siswa
  2. Guru menyimpulkan cara membuat karangan dalam aksara arab melayu yang baik dan benar
  3. Guru menutup pelajaran dengan mengucapkan salam

5 menit

G.    Sumber dan Media Belajar

1.      Pelajaran Aksara Arab Melayu Indonesia Kelas I SLTP, Drs. Mukhtar HS, Drs. Kasman, Drs. Wahid Nazri, penerbit Angkasa wira Usaha1994
2.      Pelajaran Membaca-Menulis Aksara Arab dalam Bahasa Indonesia, Drs. Daud Pasaribu, dkk Penerbit Budi Utomo Medan .
I.          Penilaian
A. Teknik : Lisan dan Tulisan
B. Bentuk : Tes Membaca dan Menulis




                                                         Medan, 
Guru                                                    
              (........................................)                              

Mengetahui
Kepala Madrasah                                                     
                       


          (.....................................................................)                   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar