Sabtu, 02 Juni 2012

Tips membangun keluarga haroki


Kiat-Kiat Membentuk al-Usroh al-Haraki Setidaknya ada lima kiat yang dapat kita kerjakan agar keluarga kita dapat mendekati idealita keluarga haraki.
Pertama, Jadikan rumah kita sebagai masjid.
Artinya di sanalah aktivitas ibadah dilazimkan. Tak akan kita dengar musik-musik lalai didendangkan atau acara-acara teve yang penuh dengan gairah maksiat. Sang bapak adalah Imam yang memimpin keluarganya untuk selalu ta'at pada Allah
Kedua, Menjadikan rumah sebagai sekolah.
Dimana aktivitas menuntut ilmu selalu dikerjakan. Tiap saat adalah waktu belajar. Saat bersenda gurau, ketika malam tiba atau tatkala shubuh datang. Semuanya adalah saat-saat belajar.
Ketiga, menjadikan rumah sebagai benteng tempat pengkaderan dan pertahanan utama. Disanalah sang anak dikenalkan pada misi dan tujuan hidup. Semua anggota menggembleng diri menjadi prajurit yang siap tempur. Mereka mempersiapkan diri memiliki seluruh sarana untuk menjadi mujahid sejati.
Keempat, menjadikan rumah sebagai rumah sakit.
Tempat orang datang untuk mencari kesembuhan. Rumah keluarga haraki selalu disibukkan oleh orang-orang yang mencari obat kebahagiaan akhirat. Ia menjadi rujukan masyarakat karena kemanjuran nasehat dan solusi yang dianjurkan atau dikerjakan.
Dan kelima, menjadikan rumah sebagai pelabuhan tenang tempat seluruh anggota keluarga mendapatkan kedamaian setelah bertempur seharian. Disana tegak sendi-sendi ukhuwah, itsar (mementingkan saudara ketimbang diri sendiri) dan iffah (menahan izzah diri) dan ruh iman bersemayam.
Dan terakhir, keluarga harakiyah selalu mencoba berjalan pada titian nilai yang telah diwariskan padanya oleh penutup para Nabi, yaitu jalan perjuangan.
Wallallahu a'lam bish-shawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar