Selasa, 05 Mei 2015

SHOLAT JEMBATAN KOMUNIKASI LANGSUNG DENGAN ALLAH

Sholat menurut bahasa berarti doa. sedangkan menurut syara' sholat adalah suatu ibadah yang dimulai dengan takbir dan diakhiri dengan salam serta merupakan rukun Islam yang ke dua. 
Sholat merupakan jembatan komunikasi langsung antara manusia sebagai hamba dengan Allah sebagai Khaliq. 
Sebagai jembatan komunikasi, tentunya shalat tidak boleh dilakukan sembarangan tanpa aturan. Ibarat manusia ingin menghadap atau bertemu dengan persiden, gubernur, walikota, bos/atasannya, dll tentunya mempersiapkan diri semaksimal mungkin, apalagi ketika kita hendak menghadap Allah sang Pencipta seluruh makhluk, persiapannya harus lebih maksimal daripada menghadap makhluk-Nya.
Berikut beberapa alasan mengapa manusia harus sholat:
1. Sholat sebagai sarana memohon dan mengadu segala permasalahan kepada Allah. Allah berfirman dalam surat al-baqarah:
وَاسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلَّا عَلَى الْخَاشِعِينَ (45
Ketika kita mengadu permasalahan kepada manusia, tidak semua massalah akan teratasi dengan baik dan tepat. Tetapi ketika mengadu kepada Allah, Allah Maha Tahu, Maha Mendengar keluhan kita. Memohonlah kepada Allah dengan sholat, bila perlu sampai harus mengeluarkan air mata sebagai tanda keseriusan kita dengan pertolongan Allah SWT
2. Sholat mencegah perbuatan keji dan munkar
Sholat yang dilaksanakan dengan penuh keikhlasan karena Allah semata, akan mencegah pelakunya dari perbuatan keji dan munkar. bila ada orang yang melaksanakan sholat secara zhahiriyah dengan baik, tetapi perbuatannya tidak sesuai dengan tuntutan agama, maka yang disalahkan bukan sholatnya, tetapi orangnya secara bathiniyah belum melaksanakan sholat secara maksimal.
Firman Allah dalam surat al ankabut: 45
 وَأَقِمِ الصَّلَاةَ إِنَّ الصَّلَاةَ تَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ
bila kita mengerjakan sholat dengan baik dan benar maka amalan dan perbuatan kita pun akan ikut sebagaimana tingkat keikhlasan kita melaksanakan sholat.
3. Sholat sebagai pembeda antara orang yang beriman dengan orang kafir. Seorang yang mengaku muslim tetapi tidak melaksanakan sholat maka ia sesungguhnya massih kafir.
4. Sholat sebagai sarana menenangkan diri di saat gelisah. Saat merasa gelisah, bangkit berwudhu dan sholat lah supaya hatimu tenang.
5. Sholat menjauhkan hamba dari syirik. Karena sholat menjadikan manusia selalu bergantung hanya kepada Allah, tanpa berharap kepada makhluk.
6. Sholat sebagai tanda syukur hamba atas limpahan rahmat dan anugerah dari Allah. Betapa banyak nikmat dari Allah yang kita dapat dengan gratis mulai bangun tidur kita menghirup udaranya Allah tanpa pernah bayar, mata melihat, hidung bisa mencium, telinga bisa mendengar, kesehatan, kepintaran dll. nikmat Allah yang manakah yang kamu ingkari?
فَبِأَيِّ آلَاءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ 
Wallahu a'lam bish-shawab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar