Selasa, 09 Oktober 2012

Tanya jawab seputar Bimbingan dan Konseling


                                                                         
MASALAH-MASALAH YANG DIHADAPI INDIVIDU DAN JENIS-JENIS BIMBINGAN
1. Soal             : Dilihat dari individu yang mengalaminya, masalah terbagi dua, sebutkan!
    Jawab          : a. Masalah Individual (porsene/pribadi))
                          b. Masalah Kelompok atau masalah bersama
2. Soal             : Karena ada dua masalah tersebut di atas, maka bimbinganpun dibagi kepada                      dua  juga, sebutkan!
    Jawab          : a. Bimbingan Individual (Counseing)
                          b. Bimbingan Kelompok
3. Soal             : Pada umumnya masalah yang dialami oleh seseorang atau siswa ada                                    beberapa jenis, sebutkan!
    Jawab            a. Masalah Pengajaran atau belajar
                          b. Masala Pendidikan
                          c. Masalah Pekerjaan
                          d. Penggunaan waktu senggang
                          e. Masalah-Masalah sosial
                          f. Masalah-Masalah Pribadi
4. Soal             : Sebutkan jenis-jenis bimbingan!
    Jawab          : a. Bimbingan pengajaran/belajar (Instruktional Guidance)
                          b. Bimbingan pendidikan (Educational Guidance)
                          c. Bimbingan pekerjaan/jabatan (Vocatinal Guidance)
                          d. Bimbingan Sosial (Social Guidance)
                          e. Bimbingan Dalam Menggunakan Waktu Senggang (Leisure Time                                        Guidance)
5. Soal             : Sebutkan hal-hal yang berkaitan dengan bimbingan Pengajaranbelajar!
    Jawab          : a. Mendapatkan cara belajar yang efesien, baik sendiri maupun kelompok
                          b. Menentukan cara mempelajari atau menggunakan buku-buku pelajaran
                          c. Membuat tugas-tugas sekolah, mempersiapkan diri untuk ulangan/ujian.
                          d. Memilih mata pelajaran yang cocok dengan minat, bakat, kecakapan, cita-                          cita  dan kondisi fisik.
                          e. Menghadapi kesulitan dalam mata pelajaran ter tentu
                          f. Menentukan pembagian waktu dan perencanaan belajar
                          g. Memilih pelajaran-pelajaran tambahan
6. Soal             : Sebutkan tujuan bimbingan belajar!
    Jawab          : Membantu murid-murid agar mendapat penyesuaian yang baik dalam situasi                      belajar
7. Soal             : Sebutkan bantuan apa saja  yang diberikan kepada murid dari bimbingan                             pendidikan!
   Jawab           : a. Pengenalan terhadap situasi pendidikan yang dihadapi
                          b. Pengenalan terhadap studi lanjutan
                          c. Perencanaan Pendidikan
                          d. Pemilihan spesialisasi
8. Soal             : Apa saja kegiatan dalam bimbingan pekerjaan/jabatan (Vocational                                       Guidance)?
    Jawab          : a. Mengenal berbagai jenis pekerjaan yang mungkin dapat dimasuki oleh                                 tamatan   pendidikan tertentu
                          b. Mengenal berbagai jenis pendidikan atau latihan tertentu untuk jenis peker
                              jaan tertentu
                          c. Mengenal berbagai jenis pekerjaan dengan segala syarat-syarat dan                                      kondisinya (job information)
                          d. Menyelenggarakan latihan-latihan tertentu bagi jenis-jenis pekerjaan                                    tertentu
                          e. Membantu memperoleh suatu pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan                             dirinya
                          f. Membantu memperoleh penyesuaian diri yang sebaik-baiknya dalam                                   dalam   lapangan pekerjaan tertentu
                          g. Membantu dalam mendapatkan pekerjaan sambilan bagi yang                                              membutuhkan
9. Soal             : Sebutkan kegiatan-kegiatan dalam bimbingan sosial!
    Jawab          : a. Memperoleh kelompok belajar dan bermain yang sesuai
                          b. Membantu dalam memperoleh cara-cara bekerja dan berperanan dalam                                kehidupan berkelompok
                          c. Membantu memperoleh persahabatan yang sesuai
                          d. Membantu mendapatkan kelompok sosial untuk memecahkan masalah                    tertentu
                          e. Membantu memperoleh penyesuaian dalam kehidupan keluarga dan                                    masyarakat
10. Soal           : Sebutkan kegiatan bimbingan menggunakan waktu senggang dalam                                     membantu  murid-murid!       
     Jawab         : a. Menggunakan waktu-waktu senggang untuk kegiatan-kegiatan produktif
                          b. Menyusun dan membagi waktu belajar dengan sebaik-baiknya
                          c. Mengisi dan menggunakan waktu pada jam-jam bebas, hari-hari libur dan                           sebagainya
                          d. Merencanakan suatu kegiatan
                         


TEKNIK BIMBINGAN
1. Soal             : Sebutkan pendekatan yang dipergunakan dalam kegiatan bimbingan!
    Jawab          : a. Pendekatan secara kelompok
                          b. Pendekatan secara  individual
2. Soal             : Sebutkan tujuan bimbingan kelompok!
    Jawab          : Membantu memecahkan masalah yang dirasakan oleh kelompok siswa,                                melalui  kegiatan kelompok, atau masalah yang bersifat indivudual yaitu                     yang dirasakan oleh seorang individu sebagai anggota kelompok
3. Soal             : Sebutkan bentuk teknik bimbingan kelompok!
    Jawab          : a. Home room
                          b. Karyawisata
                          c. Diskusi Kelompok
                          d. Kegiatan Kelompok
                          e. Organisasi Siswa
                           f. Sosiodrama
                          g. Psikodrama
                          h. Remedia teaching
4. Soal             : Sebutkan tujuanTeknik  Home Room Program!
   Jawab           : Agar guru dapat mengenal murid-muridnya lebih dekat
5. Soal             : Apa yang diperoleh murid dalam teknik karyawisata?
   Jawab           : Murid-murid akan memperoleh kesempatan untuk melakukan penyesuaian                           diri  dalam kehidupan kelompok, misalnya dalam berorganisasi, kerjasama,                        tanggung  jawab, percaya pada diri sendiri
6. Soal             : Apa yang didapat siswa dalam tehnik diskusi kelompok?
    Jawab          : Siswa akan mendapat kesempatan untuk menyumbangkan pikirannya dalam                        memecahkan suatu masalah
7. Soal             : Apa yang diberikan teknik Kegiatan kelompok kepada siswa?
    Jawab          : Teknik ini memberikan kesempatan kepada individu untuk berpartisipasi                              dengan sebaik-baiknya dalan mengembangkan bakat melalui kegiatan                                     kelompok
8.Soal              : Apa tujuan teknik Psikodrama?
   Jawab           : Untuk memecahkan masalah psikis yang dialami individu dengan                             memberikan suatu cerita kepada sekelompok siswa dengan menanamkan                            peran bagi siswa yang mengalami masalah psikis atau ketegangan dapat                                       tersalurkan sehingga terkurangi  ketegangannya
9. Soal             : Sebutkan langkah-langkah bimbingan!
    Jawab          : a. Identifikasi kasus
                          b. Diagnosa
                          c. Prognosa
                          d. Terapi
                          e. Evaluasi dan follow up
                                           

10. Soal           : Apa beda Simpati dan Empati
     Jawab         : Simpati artinya: menunjukkan adanya  sikap turut merasakan apa yang                                sedang   dirasakan oleh konselee
                          Empati artinya: berusahakan menempatkan diri dalam situasi diri konselee                          dengan   masalah yang dihadapi


KENAKALAN REMAJA DAN BIMBINGAN & PENYULUHAN AGAMA
1. Soal             : Apa yang ditimbilkan dari kegoncangan jiwa remaja?
    Jawab          : Menimbulkan keresahan yang menyebabkan labilitas fikiran, perasaan,                                kemauan, ingatan serta ketegangan-ketegangan nafsunya.
2. Soal             : Apa yang dimaksud dengan kenakalan remaja?
   Jawab           : Yaitu kehidupan remaja yang menyimpang dari berbagai norma yang berlaku                     baik yang menyangkut kehidupan masyarakat, tradisi maupun agama, serta                   hukum yang berlaku
3. Soal             : Sebutka batas penentuan usia anak-anak!
   Jawab           : Anak usia di bawah 13 tahun dikategorikan kanak-kanak, namun kenakalan                       remaja banyak dilakukan oleh anak berumur 13 tahun s/d 17 tahun
4. Soal             : Sebutkan Faktor-faktor penyebab kenakalan remaja!
    Jawab          : a. Faktor Internal yaitu yang berasal dari dalam remaja itu sendiri
                          b. Faktor eksternal, yaitu bersumber dari luar pribadi remaja seperti                                         lingkungan
5. Soal             : Sebutkan apa saja yang meliputi faktor internal!
    Jawab          : a. Cacat dari faktor keturunan, seperti sakit jiwa
                          b. Pembawaan yang negatif, dan sukar untuk dikendalikan serta mengarah ke                         perbuatan nakal
                          c. Lemahnya kemampuan pengawasan diri sendiri serta sikap menilai                                      terhadap keadaan sekitarnya yang negatif
                          d. Persaan rendah diri dan rasa tertekan yang tak teratasi
6. Soal             : Sebutkan juga apa saja yang meliputi faktor eksternal!
   Jawab           : a. Rasa cinta dan perhatian yang kurang dari orang tua, guru dan teman                                  sebaya
                          b. Kegagalan pendidikan pada lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat
                          c. Menurunnya wibawa orang tua, guru, dan alat-alat negara penegak hukum
                          d. Pengawasan yang kurang dari orang tua, guru dan masyarakat
7. Soal             : Bagaimana sikap kita terhadap kenakalan remaja?
    Jawab          : a. Sebagai manifestasi dari kehendak yang buruk yang mendapatkan                                       kesempatan ke arah perbuatan nakal
                          b. Sebagai manifestasi dari gejala-gejala perubahan atau gerakan sosial yang                           negatif dan tidak direncanakan secara hati-hati serta tidak dengan                                 perhitungan yang seksama
                          c. Sebagai tingkah laku di luar kemampuan pengendalian remaja sendiri
                          d. Sebagi penyakit yang diderita remaja
8. Soal             : Sebutka bentuk-bentuk kenakalan remaja!
    Jawab          : a. Kenakalan yang tergolong pan norma pelanggaran norma sosial dan                                     norma-norma lainnya yang tidak diatur dalam KUHP atau Undang-                                         Undang lainnya
                          b. Kenakalan berupa kejahatan dan pelanggaran yang diatur dalam KUHP                              atau Undang-Undang lainnya
9. Soal             : Apa tujuan Bimbingan dan penyuluhan menetakan program kegiatan dalam                         menanggulangi kenakalan remaja?
   Jawab           : a. Supaya kenakalan tersebut tidak merugikan perkembangan mental                                       rohaniahnya
                          b. Agar kenakalan tersebut tidak meluas di kalangan remaja, sehingga                                     merugikan masyarakat luas
                          c. Supaya kenakalan tersebut tidak menjadi faktor pengganggu dan                                         penghambat pembinaan ketertiban di segala bidang kehidupan
10. Soal           : Apa saja yang termasuk dalam perbaikan lingkungan dan kondisi sosial?
      Jawab        : a. Yang bersifat umum, meliputi:
                                    1. Keadaan sosial politik yang stabil
                                    2. Keadaan sosial ekonomi yang stabil
                                    3.Masalah urbanisasi perlu ditanggulangi
                                    4. Masalah anak terlantar harus segera dicari solusinya
                                    5. Penyakit masyarakat, terutama masalah pelacuran dan perjudian
                          b. Yang bersifat khusus, meliputi:
                                    1. Pengawasan
                                    2. Bimbingan dan penyuluhan
                                    3. pendekatan khusus terhadap remaja yang sudah menunjukkan                                             gejala-gejala kenakalan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar